Widget HTML Atas

Cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar

Cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar - Jika Anda sedang mencari "tampilan baru" untuk rumah Anda, jangan lewatkan artikel kami ini. Proses pengecatan rumah sesuai standar yang akan kami bagikan di bawah ini pasti akan membantu Anda. Yuk, ikutan kamu!

Catatan sebelum melakukan cat rumah sendiri

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum cat rumah sendiri:

Pilih waktu untuk mengecat rumah

Waktu yang paling tepat bagi Anda untuk mengenakan "baju baru" di rumah Anda adalah pada musim gugur di Utara, ketika cuaca sejuk dan kering. Anda bisa mengecat rumah sekitar akhir Agustus, September atau Oktober dari kalender yang paling cocok.

Namun, sulit bagi daerah lain untuk memilih cuaca yang ideal seperti itu, dan pada saat yang sama, tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan konstruksi sepanjang tahun. Oleh karena itu, Anda masih bisa mengecat rumah Anda di musim semi, musim panas atau musim dingin, tetapi Anda harus menghindari waktu hujan yang lama, kelembaban udaranya tinggi

Karena dengan begitu, bangunan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering dan pada saat yang sama, menemui banyak masalah tak terduga seperti cat terkelupas, basah kuyup ...

Cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar

Selain itu, sebaiknya jangan memilih waktu panas yang menyengat karena cat membutuhkan waktu tertentu untuk menempel kuat pada permukaan dinding. Jika cuaca terlalu panas, akan mengurangi daya rekat, membuat lapisan cat mudah terkelupas, retak dan kusut.

Pilih warna cat yang tepat

Hampir semua merek cat memiliki palet warna yang sangat kaya untuk dipilih pelanggan. Secara teori, warna merek cukup mirip, namun warna sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada kualitas cat, sistem pengecatan atau pengerjaan konstruktor. Selain itu, cahaya juga merupakan faktor penentu pada warna cat, misalnya warna cat yang sama, tetapi jika Anda mengamati di bawah cahaya alami akan berbeda dengan saat mengamati di bawah cahaya listrik.

Saran untuk Anda adalah menentukan nada warna favorit Anda, keterjangkauan untuk memilih warna cat yang sesuai. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahlinya untuk memadukan warna agar unik dan cantik.

Cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar

Hitung jumlah cat yang harus dibeli

Menghitung jumlah cat yang akan dibeli juga merupakan langkah penting saat Anda menjalani proses pengecatan rumah. Dan untuk menghitung jumlah pasti cat yang dibutuhkan, Anda perlu mengetahui cakupan setiap jenis cat. 

Cakupan adalah jumlah meter persegi yang 1 liter cat dapat menutupi permukaan yang akan dicat. Cakupan juga tergantung pada apakah permukaannya rata atau tidak karena jumlah cat yang dibutuhkan untuk permukaan yang rata akan lebih sedikit daripada untuk permukaan yang kasar.

Jadi bagaimana cara menghitung jumlah cat yang paling akurat untuk dibeli? Silakan lihat tabel di bawah ini untuk jawaban:

Cara cat rumah sendiri

Langkah cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar

Proses pengecatan rumah yang benar dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1: Bersihkan permukaan yang akan dicat.
  • Langkah 2: Oleskan cat tahan air.
  • Langkah 3: Oleskan damar wangi.
  • Langkah 4: Gulung primer tahan alkali.
  • Langkah 5: Gulung lapisan pertama cat warna.
  • Langkah 6: Oleskan lapisan cat warna kedua.

Aturan mengecat rumah adalah mengecat dari luar ke dalam, dari atas ke bawah, mengecat dari daerah yang sulit ke daerah yang mudah.

Secara khusus, tugas yang harus dilakukan dalam setiap langkah adalah sebagai berikut:

Bersihkan permukaan yang akan dicat

Agar lapisan menjadi halus dan melekat dengan baik, pekerjaan persiapan permukaan harus dilakukan dengan hati-hati.

Dengan selesainya konstruksi baru, permukaan dinding harus mencapai tingkat kekeringan yang diperlukan sebelum langkah-langkah pengecatan rumah dapat dilakukan. Kelembaban dinding tidak boleh melebihi 15% karena kelembaban yang terlalu tinggi akan menyebabkan lapisan cat cepat terdegradasi, menyebabkan warna terkelupas, melepuh atau tidak merata. 

Jika kondisi cuaca ideal, kering, maka setelah sekitar 3 minggu Anda bisa mengaplikasikan cat. Bahkan, tergantung pada faktor cuaca, waktu tunggu untuk dinding kering bisa dari 2 hingga 3 bulan. Meskipun cukup memakan waktu, ini dianggap sebagai fase pemeliharaan dinding, sehingga kotoran yang terkontaminasi yang terkandung dalam batu bata, mortar dan mortar terurai, membantu permukaan konstruksi menjadi stabil. 

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan permukaan dinding dengan amplas halus untuk menghilangkan sisa partikel pasir di dinding kemudian dilanjutkan dengan membersihkan kotoran atau faktor lain yang dapat mengurangi daya rekat cat.

Cara cat rumah sendiri

Dengan dinding lama, sebelum mengecat ulang, Anda harus menghilangkan semua lumut, kotoran, dan cat lama yang terkelupas. Jika permukaan dinding masih baru, Anda hanya perlu menggunakan amplas atau batu gerinda untuk mengocok seluruh putaran untuk membuat pijakan untuk cat baru. 

Perlu diperhatikan juga bahwa setelah dibersihkan, Anda harus menyiramnya dengan air bersih untuk mencuci, kemudian menunggu permukaannya mengering sebelum mengoleskan cat.

Catatan saat menangani permukaan dinding:

  • Jika permukaan dinding mengandung pasir, bubuk, kotoran, Anda harus menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan permukaan. Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan deterjen ringan untuk meningkatkan efisiensi pembersihan. Jika permukaan dinding memiliki banyak bubuk, setelah dibersihkan, Anda harus mengecat 2 lapis lagi primer anti-alkali.
  • Jika permukaan dinding mengandung dempul, mortar semen, film cat lama, Anda perlu memahat, menggosok dan mengikis film cat, kemudian menutup kembali dengan bubuk yang sesuai.
  • Jika permukaan dinding mengandung jamur, lumut, Anda dapat menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya. Anda juga harus menggabungkan dengan pencakar, pahat atau fungisida untuk meningkatkan efisiensi. Terakhir, Anda mencuci permukaan dinding dan menunggu hingga kering.
  • Jika permukaan dinding mengandung minyak, Anda dapat menggunakan larutan pembersih ringan dan sedikit pelarut, lalu bilas hingga bersih dengan air bersih.

Konstruksi tahan air

Ini adalah langkah yang sangat penting dalam proses pengecatan. Waterproofing berfungsi untuk melindungi bangunan dari dampak hujan, kelembaban... Saran kami adalah Anda harus secara aktif menahan air dari sumber air untuk mencapai efisiensi tertinggi.

Terapkan dempul

Dempul (matt) adalah bahan yang digunakan untuk membuat permukaan rata pada dinding, menutupi retakan sebelum mengaplikasikan primer, mengecat, dan juga meningkatkan daya rekat.

Cara mengaplikasikan dempul sebagai berikut:

  • Anda mencampur dempul dengan air dengan perbandingan 3:1, lalu gunakan pengaduk cat dan aduk hingga adonan mencapai konsistensi yang homogen.
  • Selanjutnya, Anda melanjutkan untuk menerapkan 1-2 lapisan, lapisannya berjarak sekitar 2-4 jam.
  • Setelah 6 jam, Anda melanjutkan ke pengamplasan.
  • Setelah pengamplasan, Anda harus menunggu 1-2 hari hingga permukaan bedak mengeras sebelum kembali membersihkan dan mengaplikasikan primer.

Catatan:

  • Serbuk dempul setelah dicampur sebaiknya segera digunakan dalam waktu 1-2 jam karena jika dibiarkan terlalu banyak, bedak akan menjadi kering, keras, dan tidak dapat dioleskan lagi.
  • Tergantung pada kebutuhan dan tujuan penggunaan, Anda dapat menerapkan 1-2 lapis dempul atau tidak menggunakan dempul.
  • Jika menerapkan dempul, harus dipastikan bahwa lapisan ini tidak lebih dari 3mm tebal untuk menghindari pengelupasan, retak atau deformasi film cat.

Konstruksi primer tahan alkali

Primer memiliki tugas mencegah alkali (dalam kapur dan semen), mencegah kelembaban, mencegah penetrasi, dan meningkatkan kemampuan waterproofing permukaan dinding. Anda dapat memilih untuk mengecat 1 atau 2 lapis primer sesuka hati. 

Banyak orang yang sering melewatkan langkah pengaplikasian primer ini karena mengira kekurangan primer tidak berpengaruh pada proses pengecatan rumah. Namun, dalam jangka panjang, jika Anda tidak melakukan langkah primer, itu akan mengurangi kualitas dan estetika lapisan cat warna, membuat lapisan mudah menjadi alkali, tidak rata dan warnanya tidak rata. 

Selain itu, jika tidak menggunakan primer, Anda akan menghabiskan cukup banyak cat karena dempul akan menyerap lebih banyak cat. Sementara itu, primer jauh lebih murah daripada topcoat, sehingga menggunakan primer selalu menjadi pilihan yang tepat dalam proses pengecatan rumah.

Catatan: Lapisan putih normal tidak dapat menggantikan primer karena tidak memiliki sifat anti-alkali, tahan lembab, permukaan halus, dan daya rekat tinggi.

Lapisan cat selesai

Ini adalah langkah terakhir dalam proses pengecatan rumah. Pelapisan ini seperti pelapis dinding, tidak hanya melindungi dinding tetapi juga membuat rumah menjadi lebih indah. Biasanya, orang akan menerapkan 2 lapisan, bukan hanya 1 lapisan untuk membuat lapisan ini lebih rata dan halus.

Oleskan lapisan cat pertama:

  • Setelah menerapkan primer anti-alkali, Anda harus menunggu setidaknya 2 jam agar cat mengering sebelum menerapkan lapisan pertama.
  • Sebelum menerapkan, Anda harus mengencerkan cat dengan 5 - 10% air bersih berdasarkan volume untuk mencapai cakupan maksimum dan lebih mudah untuk aplikasi.
  • Setelah menyelesaikan lapisan cat pertama, Anda perlu mengamati dengan cermat untuk mendeteksi cacat pada langkah pengecatan rumah sebelumnya dan memberikan perawatan tepat waktu.

Cara cat rumah sendiri

Oleskan lapisan kedua dari lapisan atas:

  • Setelah sekitar 2 jam setelah lapisan pertama selesai, Anda dapat melanjutkan untuk menerapkan lapisan kedua, karena ini adalah langkah terakhir, Anda harus menerapkannya dengan sangat hati-hati. Setelah mengecat, gunakan senter untuk menyinari dinding untuk melihat apakah lapisannya seragam, meninggalkan bekas kuas atau tidak.

Catatan: Tergantung pada permukaan dinding, saat mengaplikasikan lapisan atas, Anda dapat memilih kuas, kuas rol, atau penyemprot cat .

Catatan saat mengecat rumah

Saat melakukan proses pengecatan rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Selalu kenakan masker dan gunakan pakaian pelindung dan sarung tangan untuk memastikan keselamatan Anda.
  • Wadah cat harus ditempatkan di lokasi yang aman, proses pengangkutannya harus sangat hati-hati. Jika Anda tidak sengaja menumpahkan cat, Anda perlu menggunakan tanah atau pasir untuk membersihkannya.
  • Untuk memastikan bahwa bangunan berventilasi baik selama proses konstruksi atau jika kondisi konstruksi tidak berventilasi baik, perlu menggunakan kipas angin listrik untuk menciptakan ventilasi.
  • Jika cat tidak habis dan perlu dimusnahkan, Anda harus mematuhi peraturan perlindungan lingkungan, sama sekali tidak menuangkan cat berlebih, cat kadaluarsa ke lingkungan.
  • Jika cat masuk ke mata, pertolongan pertama harus diberikan dengan air bersih dan segera pergi ke fasilitas medis terdekat untuk perawatan.
Cara cat rumah sendiri

Semoga setelah berkonsultasi dengan proses pengecatan rumah yang tepat di atas, Anda dapat dengan percaya diri memberikan rumah Anda "Tampilan baru" yang lebih indah dan mewah. Sekian artikel cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar, semoga beruntung!

Cat Rumah Minimalis
Cat Rumah Minimalis "Hanya orang biasa yang ingin berkarya lewat blog."

Tidak ada komentar untuk "Cara cat rumah sendiri sesuai prosedur yang benar"